Jumat, 01 Juni 2012

Nilai Ujian Nasional Kelas XII IPS

Ujian Nasional merupakan kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik pada beberapa mata pelajaran secara nasional.
Meski keberadaannya masih sering diwarnai pro-kontra, pada tahun pelajaran 2011/2012 ini, pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan tetap  menyelenggarakan Ujian Nasional.

Terdapat empat kriteria kelulusan peserta didik yaitu:

  1. menyelesaikan seluruh program pembelajaran; dalam arti memiliki rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 6 (enam).
  2. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran yang terdiri atas: (a) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; (b) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; (c) kelompok mata pelajaran estetika, dan (d) kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;
  3. lulus Ujian Sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
  4. lulus Ujian Nasional.

Peserta didik dinyatakan lulus Ujian Nasional apabila nilai rata-rata dari semua Nilai Akhir mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

Nilai Akhir diperoleh dari nilai gabungan antara Nilai Sekolah dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan Nilai Ujian Nasional, dengan pembobotan 40% untuk Nilai Sekolah dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk Nilai Ujian Nasional.

Khusus untuk SMP, Nilai Sekolah diperoleh dari gabungan antara nilai Ujian Sekolah dan nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan semester 5 dengan pembobotan 60% (enam puluh persen) untuk nilai Ujian Sekolah dan 40% (empat puluh persen) untuk nilai rata-rata rapor.

Ujian Sekolah adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh sekolah untuk semua mata pelajaran pada kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi.

Banyak siswa yang bertanya tentang nilai ujian nasional baik secara langsung maupun via sms ... ada siswa yang tertitipi oleh teman untuk melihatkan nilainya dengan alasan bermacam-macam ... malu (takut jelek...), malas ke sekolah atau entah apalagi alasannya ... bahkan ada siswa yang sms tetapi lupa mencantumkan identitasnya ... ah, ada-ada aja kamu nak... 
Yowes ini ibu unggah aja ya, jadi bebas ngeliatnya ... tapi ini khusus untuk kelas XII Program IPS ...

Monggo klik link di bawah ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar