Rabu, 15 Juni 2011

Download RPP ber - EEK ber - Life Skill

Salah satu tugas pokok guru adalah membuat perencanaan mengajar ( RPP ). RPP dibuat disesuaikan kondisi siswa dan sarana prasarana yang mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar. Sehingga RPP untuk suatu mata pelajaran idealnya tidak akan sama antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lain, bahkan pada sekolah yang sama bisa saja guru membuat RPP yang berbeda antara kelas yang satu dengan kelas yang lain, karena karakteristik siswa yang berbeda sehingga perlu pendekatan, metode atau model pembelajaran yang berbeda pula. Hanya saja karena keterbatasan waktu maka untuk kelas paralel sering dibuat RPP yang sama. RPP dibuat sebaik-baiknya agar tujuan pembelajaran sesuai harapan baik guru maupun siswa tercapai.
Mari kita ingat kembali prinsip-prinsip penyusunan RPP, komponen RPP, dan Langkah-langkahnya  ...

PRINSIP-PRINSIP PENYUSUNAN RPP
1.    Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
2.    Mendorong partisipasi aktif peserta didik
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, krea­tivitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
3.    Mengembangkan budaya membaca dan menulis Proses pembelajaran dirancang untuk mengembang­kan kegemaran membaca, pemahaman beragam ba­caan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar